counter

Jumat, 12 September 2014

Tugas RKH Semeter 2



RENCANA KEGIATAN HARIAN (RKH)
Usia                             : 5-6 tahun
Tema                           : Aku dan keluargaku
Sentra                          : Seni dan kreativitas
Kegiatan                      : Membuat kreativitas dari cangkang telur (3 jam/07.00-10.00)
Alat dan bahan            :
-          Cangkang telur (telur yang isinya sudah dibuang),
-          Lem,
-          Kain flanel,
-          Wol,
-          Aksesoris mata-mataan,
-          Spidol,
-          Gunting,
-          Kardus bekas,
-          Cat acrylic,
-          Kuas beserta tempatnya,
-          Hiasan/pernak-pernik pendukung.

1.      Pijakan Menata Lingkungan (20 menit/07.00-07.20)
a.       Guru menyiapkan tempat,
b.      Guru menyiapkan alat beserta bahan-bahannya,

c.       Guru menjelaskan fungsi dari alat dan bahan yang akan digunakan,
d.      Guru menjelaskan media apa saja yang digunakan.

2.      Pijakan Sebelum Main (40 menit/07.20-08.00)
a.       Berdo’a sebelum memulai kegiatan (guru memilih anak untuk memimpin do’a atau anak yang berinisiatif/berani dengan sendirinya untuk memimpin do’a),
b.      Guru memberikan cerita mengenai keluargaku,
c.       Guru memperlihatkan hasil kreativitas yang sudah jadi yang sebelumnya telah dibuat oleh guru itu sendiri,
d.      Anak menjawab pertanyaan dari guru seputar keluargaku,
e.       Anak bertanya kepada guru seputar keluargaku.

3.      Pijakan Saat Main (80 menit/08.00-09.20)
a.       Guru mengawasi anak dalam kegiatan,
b.      Guru berkeliling diantara anak,
c.       Guru membantu anak dalam membuat kreativitas,
d.      Anak mulai membuat kreativitas dari cangkang telur:
-          Mengucapkan basmalah sebelum memulai kegiatan,
-          Guru membantu anak untuk mengeluarkan isi telur,
-          Anak mencuci tangan setelah mengeluarkan isi telur,
-          Guru membagikan cangkang telur beserta alat dan bahan yang akan digunakan kepada anak,
-          Anak mengeluarkan cat acrylic dibantu dengan guru,
-          Anak mulai mewarnai cangkang telur,
-          Anak menjemur sebentar cangkang telur yang telah diwarnai,
-          Anak menggunting kain flanel sesuai dengan kreativitas yang ingin dibuat anak dan diawasi oleh guru,
-          Anak bisa memilih membuat mata, hidung, mulut menggunakan cat acrylic atau kain flanel dan wol (sesuka hati dan kreativitas anak itu sendiri),
-          Anak menggunting wol dan menempelkannya di cangkang sesuai dengan kreativitas yang akan dibuat anak,
-          Anak menempelkan aksesoris, dll yang telah disediakan guru ke cangkang telur,
-          Anak dapat membuat kaki dan tangan menggunakan kardus bekas yang telah disediakan guru,
-          Beres-beres atau bersih-bersih,
-          Mengucapkan hamdalah setelah kegiatan selesai.

4.      Pijakan Setelah Main (20 menit/09.20-09.40)
-          Anak menceritakan tentang hasil yang telah dibuat kepada guru,
-          Istirahat,
-          Snack time,
-          Dhuha time,
-          Anak main di luar kelas.
5.      Evaluasi (20 menit/09.40-10.00)
-          Anak mewarnai gambar keluargaku,
-          Anak menyambung huruf tentang nama-nama keluargaku,
-          Guru memberikan evaluasi dan diuraikan sesuai dengan tahap perkembangan anak,
-          Berdo’a lalu pulang.
Tahap Perkembangan Anak Usia 5-6:
1.      Nilai Agama dan Moral;
-          Mengucapkan doa sebelum atau sesudah melakukan sesuatu,
-          Mengenal ciptaan Tuhan,
-          Mengenal perbedaan jenis kelamin,
-          Saling menolong.

2.      Motorik Kasar;
-          Terampil menggunakan tangan kanan dan kiri,
-          Dapat melakukan kegiatan kebersihan diri,
-          Dapat menangkap sesuatu dengan tepat.

3.      Motorik Halus;
-          Dapat mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan sesuatu,
-          Meniru bentuk,
-          Menggunting,
-          Menempel,
-          Menggambar,
-          Dapat melakukan eksplorasi dari berbagai bahan atau media,
-          Menggunakan alat dengan baik dan benar,
-          Dapat mengekspresikan diri dengan kreativitas.

4.      Kognitif;
-          Menyebut nama anggota keluarga,
-          Menanyakan nama anggota keluarga yang belum diketahui,
-          Menyebut nama sendiri dan anggota keluarga yang dikenal,
-          Memahami gambar wajah orang.

5.      Bahasa;
-          Menunjuk bagian tubuh yang ditanyakan,
-          Memahami tema cerita pendek,
-          Perhatian pada gambar,
-          Merespon pertanyaan, dan
-          Menjawab pertanyaan .

6.      Sosial dan Emosional;
-          Menunjukkan reaksi marah apabila diganggu teman,
-          Bermain dengan teman,
-          Memperhatikan atau mengamati teman-temannya yang sedang beraktivitas,
-          Menunjukkan berbagai ekspresi (senang. Kecewa).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar