RENCANA KEGIATAN HARIAN (RKH)
Usia :
5-6 tahun
Tema :
Aku dan keluargaku
Sentra :
Seni dan kreativitas
Kegiatan :
Membuat kreativitas dari cangkang telur (3 jam/07.00-10.00)
Alat dan bahan :
-
Cangkang telur
(telur yang isinya sudah dibuang),
-
Lem,
-
Kain flanel,
-
Wol,
-
Aksesoris mata-mataan,
-
Spidol,
-
Gunting,
-
Kardus bekas,
-
Cat acrylic,
-
Kuas beserta
tempatnya,
-
Hiasan/pernak-pernik
pendukung.
1.
Pijakan Menata Lingkungan
(20 menit/07.00-07.20)
a.
Guru menyiapkan
tempat,
b.
Guru menyiapkan
alat beserta bahan-bahannya,
c.
Guru menjelaskan
fungsi dari alat dan bahan yang akan digunakan,
d.
Guru menjelaskan
media apa saja yang digunakan.
2.
Pijakan Sebelum
Main (40 menit/07.20-08.00)
a.
Berdo’a sebelum
memulai kegiatan (guru memilih anak untuk memimpin do’a atau anak yang
berinisiatif/berani dengan sendirinya untuk memimpin do’a),
b.
Guru memberikan
cerita mengenai keluargaku,
c.
Guru
memperlihatkan hasil kreativitas yang sudah jadi yang sebelumnya telah dibuat
oleh guru itu sendiri,
d.
Anak menjawab
pertanyaan dari guru seputar keluargaku,
e.
Anak bertanya
kepada guru seputar keluargaku.
3.
Pijakan Saat
Main (80 menit/08.00-09.20)
a.
Guru mengawasi
anak dalam kegiatan,
b.
Guru berkeliling
diantara anak,
c.
Guru membantu
anak dalam membuat kreativitas,
d.
Anak mulai
membuat kreativitas dari cangkang telur:
-
Mengucapkan
basmalah sebelum memulai kegiatan,
-
Guru membantu
anak untuk mengeluarkan isi telur,
-
Anak mencuci
tangan setelah mengeluarkan isi telur,
-
Guru membagikan
cangkang telur beserta alat dan bahan yang akan digunakan kepada anak,
-
Anak
mengeluarkan cat acrylic dibantu dengan guru,
-
Anak mulai
mewarnai cangkang telur,
-
Anak menjemur
sebentar cangkang telur yang telah diwarnai,
-
Anak menggunting
kain flanel sesuai dengan kreativitas yang ingin dibuat anak dan diawasi oleh
guru,
-
Anak bisa
memilih membuat mata, hidung, mulut menggunakan cat acrylic atau kain flanel
dan wol (sesuka hati dan kreativitas anak itu sendiri),
-
Anak menggunting
wol dan menempelkannya di cangkang sesuai dengan kreativitas yang akan dibuat
anak,
-
Anak menempelkan
aksesoris, dll yang telah disediakan guru ke cangkang telur,
-
Anak dapat
membuat kaki dan tangan menggunakan kardus bekas yang telah disediakan guru,
-
Beres-beres atau
bersih-bersih,
-
Mengucapkan
hamdalah setelah kegiatan selesai.
4.
Pijakan Setelah
Main (20 menit/09.20-09.40)
-
Anak
menceritakan tentang hasil yang telah dibuat kepada guru,
-
Istirahat,
-
Snack time,
-
Dhuha time,
-
Anak main di
luar kelas.
5.
Evaluasi (20
menit/09.40-10.00)
-
Anak mewarnai
gambar keluargaku,
-
Anak menyambung
huruf tentang nama-nama keluargaku,
-
Guru memberikan
evaluasi dan diuraikan sesuai dengan tahap perkembangan anak,
-
Berdo’a lalu
pulang.
Tahap Perkembangan Anak Usia 5-6:
1. Nilai Agama dan Moral;
-
Mengucapkan doa
sebelum atau sesudah melakukan sesuatu,
-
Mengenal ciptaan
Tuhan,
-
Mengenal
perbedaan jenis kelamin,
-
Saling menolong.
2.
Motorik Kasar;
-
Terampil
menggunakan tangan kanan dan kiri,
-
Dapat melakukan
kegiatan kebersihan diri,
-
Dapat menangkap
sesuatu dengan tepat.
3.
Motorik Halus;
-
Dapat
mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan sesuatu,
-
Meniru bentuk,
-
Menggunting,
-
Menempel,
-
Menggambar,
-
Dapat melakukan
eksplorasi dari berbagai bahan atau media,
-
Menggunakan alat
dengan baik dan benar,
-
Dapat
mengekspresikan diri dengan kreativitas.
4.
Kognitif;
-
Menyebut nama
anggota keluarga,
-
Menanyakan nama
anggota keluarga yang belum diketahui,
-
Menyebut nama
sendiri dan anggota keluarga yang dikenal,
-
Memahami gambar
wajah orang.
5.
Bahasa;
-
Menunjuk bagian
tubuh yang ditanyakan,
-
Memahami tema
cerita pendek,
-
Perhatian pada
gambar,
-
Merespon
pertanyaan, dan
-
Menjawab
pertanyaan .
6.
Sosial dan
Emosional;
-
Menunjukkan
reaksi marah apabila diganggu teman,
-
Bermain dengan
teman,
-
Memperhatikan
atau mengamati teman-temannya yang sedang beraktivitas,
-
Menunjukkan
berbagai ekspresi (senang. Kecewa).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar