counter

Rabu, 19 Maret 2014

Tugas PKLH_Pak Thoha



NAMA                        : WINARTI
NPM                           : 1313054065
KELAS                       : A
PRODI                        : PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

TUGAS PKLH
Permasalahan Lingkungan Hidup yaitu Kemiskinan dan Pertumbuhan Penduduk yang Tinggi

Permasalahan lingkungan hidup di Indonesia memang sangat banyak salah satunya yaitu masalah kemiskinan dan pertumbuhan penduduk yang tinggi.
A.    Kemiskinan
Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar hidup yakni kebutuhan sandang, pangan dan papan serta kebutuhan lain seperti pendidikan.
Jika masyarakat indonesia mandiri dan kreatif melalui perbaikan pendidikan maka kemingkinan besar untuk memperbaiki perekonomian sangat besar. Banyak masyarakat indonesia yang pintar namun meraka tidak dapat mengambil peluang yang ada agar bisa dijadikan sebagai penghasilan. Kreatifitas sangatlah dibutuhkan
karena dengan orang kreatif , itulah yang akan menjadikan berbeda dengan orang lain. Perbedaan itulah yang sekarang banyak dicari orang. Karena dengan kreatifitas maka akan menumbuhkan inovasi-inovasi baru.
Kemandirian juga tak kalah penting karena jika masyarakat indonesia mandiri akan menumbuhkan masyarakat yang pantang menyerah dan selalu semangat dalam menjalani hidup, menjadikan sosok yang berani untuk terus berjuang untuk memperbaiki perekonomian.
B.     Pertumbuhan Penduduk yang Tinggi
Pertumbuhan penduduk yang tinggi banyak diakibatkan oleh pernikahan diusia muda, kemiskinan, dan pengangguran yang tinggi. Banyak dampak yang disebabkan karena pertumbuhan penduduk yang tinggi ini.
Dampak positifnya adalah banyaknya tenaga kerja yang melimpah. Namun banyak pula dampak negatifnya yaitu kurangnya lapangan pekerjaan sehingga banyak pengangguran dan kemiskinan yang meningkat di Indonesia. Dengan semakin banyaknya penduduk maka akan semakin sedikit lahan untuk tempat tinggal.

Kesimpulan:
 Masalah kemiskinan menjadi masalah penting dan utama karena kemiskinan menyangkut kehidupan orang banyak. Penanggaulangan kemiskinan harus menyertakan peran aktif seluruh masyarakat Indonesia untuk bekerja keras memperbaiki kehidupan mereka yang terutama adalah menjadikan masyarakat indonesia yang mandiri dan kreatif.
Hal lain yang dapat dilakukan yakni dengan perbaikan moral melalui pendidikan bagi generasi muda karena orang yang bermoral baik maka ia akan melakukan hal-hal yang  positif sehingga dapat menekan pernikahan usia muda yang marak seperti saat ini.
Bila pernikahan usia muda dapat ditekan secara signifikan maka masalah pertumbuhan penduduk yang tinggi akan berkurang. Sehingga akan menekan pula angka kemiskinan di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar