counter

Kamis, 15 Mei 2014

Tugas Bahasa Indonesia_Winarti_1313054065_PAUD



Nama   : Winarti
NPM   : 1313054065
Kelas   : A
Prodi   : Pendidikan Anak Usia Dini
Dosen  : Eka Sofia Agustina, S.Pd.,M.Pd.

Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar Sesuai Dengan Anak Usia Dini
Bahasa Indonesia yang baik adalah menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai konteks (pembicaraan atau penulisan). Bahasa Indonesia yang benar adalah menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai dengan kaidah (tata bahasa) bahasa Indonesia.
Bahasa Indonesia yang baik maka belum tentu benar. Dan yang benar belum tentu baik. Contohnya: ayo nak main. Kata main disini memang baik. Namun kata main tersebut tidak benar untuk diucapkan pada anak usia dini. Kata yang sebaiknya diucapkan adalah ayo nak bermain.

Contoh lain: kamu ngerjain tugas sama siapa??
Kata diatas dapat kita kategorikan dalam bahasa yang baik tetapi tidak benar. Kalimat tersebut baik jika diucapkan dengan teman sebaya. Maka yang benar adalah siapa yang mengerjakan tugas bersama kamu kemarin??
Kesimpulannya adalah kata yang baik belum tentu benar. Dan yang benar belum tentu baik. Bahasa yang baik adalah bahasa yang biasa diucapkan dalam masyarakat. Bahasa yang benar adalah bahasa yang digunakan sesuai dengan kaidah yang berlaku yaitu sesuai dengn EYD.
Maka kita sebagai pendidik anak usia dini, hendaknya dapat memberikan pengajaran bahasa Indonesia yang baik dan benar sejak dini. Agar anak bangsa kita kelak tetap bisa berbahasa yang sesuai dengan kaidah atau EYD dan tetap bangga menggunakan bahasa Indonesia walaupun dengan perkembangan zaman globalisasi saat ini yang sering disebut dengan bahasa gaul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar